Cilacap – 18 November 2021

SMP Negeri 2 Mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan sekaligus acara penanaman pohon Tebebuya bersama Duta Adiwiyata SMP Negeri 2 Cilacap. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M. Si.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Menjawab amanat tersebut, maka peningkatan kualitas layanan pendidikan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Semua pendidik memiliki hak yang sama untuk dapat memperoleh kesempatan meningkatkan kompetensi melalui layanan dan fasilitasi yang disediakan oleh pemerintah.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melakukan bimbingan teknis bagi para pendidik di satuan pendidikan. Salah satu instansi yang peduli terhadap peningkatan kompetensi para pendidik lainnya adalah Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Para pendidik yang beruntung memperoleh bimbingan teknis pada tahun 2020 ini antara lain adalah para pamong belajar SPNF SKB, tutor keaksaraan, tutor kesetaraan, dan pendidik PAUD. Selama ini telah banyak program dan juga bimbingan teknis dilaksanakan dan ditujukan bagi peningkatan kompetensi para pamong belajar, tutor, dan pendidik PAUD. Namun belum ada yang fokus membahas tentang peningkatan kompetensi pendidik terhadap implementasi merdeka belajar, penguatan pendidikan karakter, dan transformasi pendidikan abad ke-21 dan pendidikan 4.0.

Kegiatan bimtek penguatan kompetensi pendidik lainnya dilaksanakan oleh UPT BP PAUD dan Dikmas di wilayah kerjanya. Kegiatan ini diawali dengan pembekalan melalui Bimtek Penguatan Pamong Belajar UPT Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas melalui Pelatihan Calon Pelatih untuk pembekalan kepada peserta tentang  kemampuan implementasi dan penguatan karakter, transformasi merdeka belajar, pendidikan abad ke-21 dan pendidikan 4.0, pembelajaran melalui transformasi digital,  pembelajaran jarak jauh,  dan refleksi program PAUD dan Dikmas. Setelah pembekalan melalui PCP, kemudian melaksanakan bimbingan teknis penguatan kompetensi pendidik lainnya yang berada di wilayah kerjanya terkait materi yang sama. Kegiatan ini disebut sebagai pengimbasan yaitu transfer pengetahuan melalui peniruan praktek baik dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai/mengevaluasi pelaksanaan penguatan karakter, pendidikan abad ke-21 dan pendidikan 4.0, dan Pendidikan Jarak Jauh. Bimtek penguatan kompetensi pendidik lainnya ini juga merupakan upaya untuk menstranformasikan kembali hasil belajar agar mampu mendorong terwujudnya komunitas praktik sebagai ruang belajar bersama serta berkolaborasi antar pendidik di satuan pendidikan. Penguatan kompetensi merupakan upaya dari para profesional pendidikan untuk dapat memfesilitasi pendidik agar menguasai kompetensi tertentu dalam kegiatan peningkatan kompetensi secara sistematis, sinergis dan terpadu. Upaya ini dilakukan agar para Pamong Belajar di SPNF SKB, Tutor Keaksaraan, Tutor Kesetaraan, dan Pendidik PAUD memperoleh bekal menghadapi perubahan masih di era pendidikan 4.0.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.