CILACAP– Pelaksanaan Purnawidya Pratama SMP N 2 Cilacap Tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan dengan peserta yang dibatasi dan dapat diikuti secara online melalui live Instagram dan Google meet yang telah dibagikan link sebelumnya. Acara berlangsung dengan sederhana dan lancar tanpa mengurangi dari inti acara. Acara ini digelar di Sentul Hall Waterpark, 16 Juni 2022. Dengan peserta yang hadir terdiri dari seluruh siswa kelas 3 beserta wali murid, komite sekolah dan Bapak/Ibu guru serta karyawan SMP N 2 Cilacap.

Diawali dengan cek persiapan para pengisi acara, mulai dari pembawa acara yang dibawakan oleh Ibu Sugiyati S.Pd dan Ibu Estika Nurul Aziza, S.Pd, penabuh gamelan dari siswa-siswi peserta ekstrakurikuler Karawitan “Widya Laras” sebagai pengiring rangkaian acara prosesi Purnawidya Pratama dibawah bimbingan Bapak Kasdi, S.Pd, para penari yang diwakili oleh 3 siswi peserta ekstrakurikuler seni tari dibawah bimbingan Ibu Nurnawati, serta para peserta ekstrakurikuler Seni Musik dibawah bimbingan Bapak Novrico Twetinar S, S.Pd yang menampilkan band akustiknya.

Adapun pra acara yaitu para siswa menuju ke ruangan dengan didampingi oleh masing-masing wali kelas dan diiringi Gending Manyar Sewu. Dilanjutkan dengan penampilan Tari Gambyong.

Acara dibuka dengan membaca basmalah bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMP N 2 Cilacap. Pembacaan ayat suci Al Qur’an pun tidak terlewat dari rangkaian acara, sepatah kata dari Ketua Panitia Bapak Anang Kusbiantoro, S.Pd. Kemudian sambutan-sambutan dari Perwakilan Siswa kelas 9, salam perpisahan dari siswa kelas 8, Komite sekolah, dan Bapak Kastam, S.Pd M.Pd selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap. Bapak Marjoko, S.Pd M.Pd selaku Kepala SMP N 2 Cilacap dengan sambutannya :

Kelulusan ini merupakan suatu anugerah dari Allah SWT yang harus kita shukuri dan kita pergunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan kita, orangtua kita, lingkungan kita dimanapun kita berada. Kelulusan ini juga menandakan bahwa kita menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memilki ketrampilan yang baik serta berakhlak dengan akhlak yang mulia.

Anak-anak kami yang kami cintai, syukurilah kelulusan ini dengan tidak merusak nama baik keilmuan kita, lembaga tempat kita belajar, guru-guru kita, orang tua kita dan lingkungan kita seperti dengan melakukan konvoi-konvoi dijalan, mengecat baju dan kegiatan lain yang tidak bermanfaat bahkan membawa kemudharatan kita semua. Anak – anak kami maafkan kami dalam kebersamaan kita selama 3 (tiga) tahun, mungkin kami ada kesalahan dan kekurangan kami selama kita bersama, pada kesempatan ini kami dewan guru, karyawan memohon maaf kepada anak anak kami.

Selamat Jalan Anak-anak kami, jalan kalian masih panjang terus belajar dan belajar untuk mengembangkan diri sebagaimana yang anak-anak kami cita-citakan. Kami titipkan negeri ini kepada kalian untuk dijaga, dan rawatlah bumi ini semoga Allah SWT anugerahkan rahmatNya kepada kita sekalian ” 

Dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar paralel dan peraih nilai ujian sekolah 100 mata pelajaran Bahasa Inggris diraih oleh Ari Sevania Putri dari kelas 9D, Palupi Fajar meraih nilai 100 mata pelajaran Bahasa Inggris dari kelas 9D, Dava Abror S meraih nilai 100 mata pelajaran Bahasa Inggris dari kelas 9G. Dan prestasi Non Akademik yang diraih oleh Abdullah Farhan R juara 3 Panahan tingkat Kabupaten Cilacap dan Aditya Restu Pamungkas siswa yang berhasil meraih medali Emas pada cabang Taekwondo tingkat Nasional.

Acara pun berjalan dengan lancar dan mengaharu biru. Dan seluruh rangkaian acara dapat dilihat pada channel YouTube SMP Negeri 2 Cilacap https://www.youtube.com/watch?v=qq_W8PyZZCo

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.