CILACAP- Hari Ulang Tahun SMP N 2 Cilacap diperingati setiap tanggal 23 Januari, dan untuk tahun ini ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan meskipun masih dalam masa pandemi. Salah satunya yaitu lomba yel-yel antar kelas. Lomba dilaksanakan selama 1 hari, dikarenakan ada dua sesi. Dengan berbagai pertimbangan yang diambil panitia guna mengurangi kerumunan di sekolah.

Mengapa memilih lomba yel-yel?

Yel Membuat Semangat Pendengarnya

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Joshua Michael Silberstein Bamford, seorang peneliti asal Centre for Interdisciplinary Music Research University yang ada di Finlandia menyebutkan pengaruh musik dan yel.

Hasilnya,  membuat seseorang merasa berempati pada orang yang bernyanyi atau sedang meneriakkan yel yel. Orang lain, bahkan secara sadar ataupun tidak bisa mengikuti apa yang mereka dengarkan.

Jadi, musik dan yel adalah dua hal yang mendorong solidaritas, media untuk memunculkan pesan serta memecahkan kebekuan suasana. Ciri khas yel adalah punya tempo yang cepat. Sehingga, bisa mempengaruhi adrenalin siapapun yang mendengarnya dengan lirik yel yel yang berisikan pesan. Pesan tersebut secara mudah dapat ditanggap karena kata kata yang sederhana.

Nada semangat dan tempo cepat tersebut sangat membantu, karena secara psikologis saat ada seseorang mulai memimpin yel dalam bentuk nyanyian, maka akan menggerakkan yang lain. Fenomena tersebut terkenal dengan sebutan rhythmic entrainment, kondisi dimana seseorang berupaya melakukan sinkroniassi ritme dalam dirinya dan di sekelilingnya.

Apa itu yel yel berisikan tempo cepat dengan adanya musik yang membuat para pendengarnya mempunyai emosi positif. Sehingga, siapapun yang mendengarkan pasti merasa bersemangat.

Pengaruh yel yel sangat besar pada adrenalin. Musik tempo cepat pada yel yel juga bisa mempengaruhi detak jantung supaya berdetak lebih cepat. Sehingga, hasilnya kamu akan bernafas lebih cepat dan adrenalin jadi meningkat. Kamu jadi tidak mudah lelah, tetapi justru semakin semangat ketika menyuarakan apapun.

Para peserta berlomba-lomba menunjukan kreativitasnya dihadapan para juri, mulai dari kostum, koreografi, kekompakan dan semangat semua dinilai oleh juri.

Yel Yel Sebagai Media Komunikasi

Lirik yel yel juga penting untuk kamu perhatikan. Kata-kata dalam yel adalah bentuk atau media komunikasi. Sehingga, kamu bisa menyampaikan pesan pada para pendengar dengan kata-kata yang sangat mudah mereka ingat.

Hal ini karena yel yel disampaikan dalam bentuk lagu, ada nadanya. Berbeda jika kamu sampaikan tanpa nada, hanya teriakan saja. Mungkin tidak banyak orang yang tertarik mendengarnya. Sehingga, pesan jadi gagal disampaikan ke khalayak.

Musik sangat mempengaruhi emosi positif dan negatif. Sehingga, ketika dalam lirik yel yel disertai lagu atau musik, maka ingatan lirik-lirik tersebut akan mengarah pada emosi tertentu. Itulah mengapa, pesan apapun apabila disampaikan dalam bentuk lagu, atau musik justru lebih mengena jika kamu bandingkan dengan penyampaian secara lisan dan tanpa emosi.

Disadari atau tidak, apa itu yel yel sangat berguna sebagai alat guna menggerakkan banyak orang, supaya mereka melakukan sesuatu. Yel yel bisa berguna ketika kamu ingin menjadikannya sebagai media komunikasi untuk mengirimkan pesan supaya gampang didengar oleh orang lain.

Yel yel dalam bentuk lagu dapat terus kamu gaungkan. Tujuannya untuk menghasilkan dampak psikologis dari musik. Teriakan dalam bentuk yel yel berlagu sangat mungkin untuk didengarkan, dan dapat dinikmati untuk membangkitkan semangat. Tidak heran jika yel yel terus digunakan, baik saat lomba, pramuka, OSPEK, dan lainnya.

Setelah melalui hasil penjurian, didapatkan juara dari kelas 7 dimenangkan oleh kelas 7B, kelas 8 dimenangkan oleh kelas 8G, dan kelas 9 dimenangkan oleh kelas 9C.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.