Berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang salah satunya mengatur tentang pengorganisasian model pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan pada kurikulum 2013. Pelaksanaan Pramuka dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Cilacap dimulai dengan kegiatan orientasi kepramukaan sistem blok.

Sistem Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru di mana Sistem Blok ini bersifat wajib dan diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Tujuan kegiatan ini adalah pengenalan pendidikan kepramukaan yang menyenangkan dan menantang kepada seluruh peserta didik. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam pembentukan karakter serta pelatihan kepemimpinan.

Kegiatan kepramukaan sejak tahun 2017 menjadi sebuah ekstrakurikuler wajib di setiap jenjang sekolah mulai dasar hingga menengah. Tidak hanya sampai sekolah menengah, namun pada beberapa perguruan tinggi mewajibkan adanya pendidikan kepramukaan. Kegiatan model Blok ini dilakukan setiap tahun dan masuk dalam program sekolah tahunan selain kegiatan Masa Orientasi Pramuka (MOP). Model Blok ini dilaksanakan dengan berkemah selama dua hari satu malam atau bisa lebih, hal ini dilakukan untuk memenuhi jam pengganti setiap minggunya latihan kepramukaan, yaitu 36 Jam.

Kamis, 14 Juli Pramuka sistem blok di SMP Negeri 2 Cilacap dimulai. Diawali dengan memberikan materi seputar kepramukaan dari pengetahuan sampai ketrampilan. Beberapa siswa tampak menunjukan antusiasnya yang luar biasa. Materi yang disampaikan berupa orientasi kepramukaan, LBB, permainan, dan motivasi sebagai seorang pelajar. Dan pada hari Jumat 15 Juli 2022 seluruh siswa baru kelas 7 mengikuti kegiatan Perkemahan di sekolah. Mulai dari permainan, kegiatan sehari-hari seperti sholat fardu berjamaah, makan bersama, dan pada malam hari nya diadakan acara Api Unggun. Menjadi acara yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh siswa-siswi mengingat 2 tahun ke belakang tidak di adakan kegiatan Pramuka Sistem Blok secara luring dikarenakan Pandemi Covid-19.

Dan pada keesokan harinya sebagai hari penutup kegiatan, di adakan wide game. Kegiatan dikemas dengan menarik, sehingga para adik-adik penggalang mengikuti dengan sangat bersemangat.

Harapan sekolah dengan diadakan sistem blok ini siswa menjadi tertarik terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu juga berfungsi untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial siswa. Sehingga melalui berbagai pembaharuan pendidikan Kepramukaan, calon-calon pemimpin bangsa yang handal di masa datang dari anggota-anggota pramuka akan bisa diwujudkan. 

SALAM PRAMUKAAA.. !!

SPENDA JAYAAA.. !!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.