CILACAP_Admin. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Biasanya diadakan dalam rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ). LDK dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.

Semua pengurus OSIS dan siswa baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat. Senin, 11 Juli 2022. Kegiatan LDKS di laksanakan di Lapangan Batalyon Cilacap dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari hingga tanggal 13 Juli 2022 mengingat dengan kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan untuk bermalam di sekolah, karena kegiatan di ini dilaksanakan dari mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore.

Sebenarnya LDKS atau Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa bukan hanya ditujukan pada siswa yang akan menjadi pengurus OSIS saja namun tujuannya lebih luas dari itu. Melalui LDKS diharapkan bisa membantu terbentuknya para siswa dengan karakter dan kepribadian yang tangguh sehingga bisa menjadi pemimpin masa depan yang sukses.

Apa Saja Manfaat Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)?

Supaya kamu tidak bingung dan takut ketika harus mengikuti LDK di sekolah maka sebaiknya ketahui dulu apa saja manfaatnya. Inilah beberapa manfaat LDK bagi kamu yang berstatus sebagai siswa.

1. Melatih Rasa Percaya Diri

LDK menjadi kegiatan yang tepat untuk melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri kamu. Selama kegiatan LDK kamu akan dilatih untuk menjadi lebih percaya diri melalui berbagai materi yang disampaikan. Ada kalanya kamu harus menyampaikan presentasi atau berbicara di depan orang banyak.

LDK juga merupakan ajang yang pas untuk menambah kenalan dan berinteraksi dengan teman yang lebih banyak. Kamu tidak akan merasa canggung lagi kalau harus bersosialisasi dengan orang baru.

2. Belajar untuk Menyelesaikan Masalah

LDKS yang umum dilakukan untuk para calon pengurus OSIS salah satunya bermanfaat untuk melatih kamu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Fasilitator LDK akan memberikan berbagai permainan yang sebenarnya bertujuan untuk melatih kamu menyelesaikan masalah yang ada.

Kamu dituntut untuk berpikir bagaimana caranya bisa memenangkan atau menyelesaikan permainan baik secara mandiri maupun berkelompok dengan teman lainnya. Di kehidupan nyata permasalahan seperti di dalam permainan tersebut bisa saja kamu temui sehingga kamu menjadi lebih tahu bagaimana cara menyelesaikannya.

3. Mengasah Kemampuan Organisasi

Nanti setelah lulus sekolah dan kuliah kemudian bekerja kamu tidak mungkin melakukannya sendirian. Saat bekerja kamu harus berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain sehingga diperlukan kemampuan berorganisasi yang baik supaya semuanya bisa berjalan lancar.

Ketika sudah bekerja nanti kamu akan bergabung dengan sebuah organisasi yang bernama perusahaan. Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di sekolah kamu sudah belajar bagaimana nanti harus bekerjasama di dalam organisasi bernama perusahaan tersebut.

4. Memupuk Sifat Kepemimpinan

Salah satu manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para siswa adalah untuk memupuk sifat dan jiwa kepemimpinan. Kamu yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar akan menjadi generasi penerus dan pemimpin-pemimpin dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tantangan di masa depan tidak akan menjadi semakin mudah namun semakin berat sehingga diperlukan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat. 

Agar bisa menemukan pemimpin yang tangguh dan sesuai dengan kualifikasi diperlukan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut bisa dibuat ataupun terjadi secara natural yang disebut sebagai seleksi alam. Kamu yang sudah mengikuti LDK saat masih sekolah memiliki peluang yang lebih besar tampil sebagai pemimpin masa depan.

5. Sarana Pengembangan Diri

Melalui materi-materi yang diberikan dalam LDK kamu bisa menemukan apa kelebihan yang dimiliki sehingga bisa dioptimalkan sejak dini. Kelebihan dan potensi diri yang dikembangkan sejak awal bisa menjadi bekal kesuksesan kamu di masa depan. Apalagi melalui LDK kamu juga dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah yang akan melengkapi potensi dalam diri kamu nantinya.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang didapatkan, Bapak Marjoko, S.Pd., M.Pd berharap nantinya semua siswa-siswi SMP Negeri 2 Cilacap dapat tumbuh menjadi generasi milenial yang tetap berkepribadian santun, mandiri dan memiliki jiwa kepemimpinan

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.