CILACAP_01 AGUSTUS 2022. Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola sekolah perlu memahami cara dan tahapan diperlukan panduan yang dapat membimbing satuan pendidikan dalam menyelenggarakannya.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

JENIS EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler Wajib yang dimaksud berbentuk pendidikan kepramukaan, yang diatur khusus dalam Peraturan  Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014.

Ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Pilihan bidang yang dikembangkan tiap sekolah akan berbeda-beda seperti eksktrakurikuler seni, olahragam sains, mapun keagamaan, dan lain-lain.

SMP Negeri 2 Cilacap melaksanakan kegiatan parade ekstrakulikuler (ekskul) siswa, Senin (01/08/2022) pagi. Kegiatan yang dipusatkan di halaman sekolah ini menampilkan kehebatan bakat dan minat siswa. Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk mengenalkan kegiatan ekstrakulikuler di madrasah kepada siswa baru. Dalam Parade Ekskul ini, masing-masing ekskul menunjukkan kebolehannya dihadapan para siswa baru.

“Dari 14 ekskul yang ada, semuanya menunjukkan kebolehannya di hadapan siswa kelas 7,” kata Kartono, S.Pd Wakil kepala bidang kesiswaan SMP Negeri 2 Cilacap.

Dengan melihat atraksi dari kegiatan ekskul, tambah Marjoko, S.Pd., M.Pd kepala SMP Negeri 2 Cilacap ini diharapkan siswa baru bisa tahu dan bisa memilih ekskul sesuai dengan yang diminati.

Kegiatan parade ekskul menampilkan beberapa peragaan dan tampilan ektrakurikuler diantaranya Pramuka, TUB BB, drum band, seni musik, PMR, tenis meja, silat, panahan, tari, rohis, hadroh, Story Telling, KIR, dan Jurnalistik.

Berdasarkan pantauan terlihat antusiasme dan gemuruh tepuk tangan siswa kelas 7 menyaksikan parade berbagai ekskul SMP N 2 Cilacap. Terpancar dari wajahnya perasaan gembira dan bangga atas atraksi yang dilakukan para seniornya.

“Dengan adanya parade ekskul ini saya semakin mantap menetapkan pilihan kepada salah satu ekstrakuriler yang ada di SMP Negeri 2 Cilacap” ucap Lulu dari kelas 7 A.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.