CILACAP ( Admin )_ Setiap tahun umat Islam memperingati Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan beragam cara dan kesemuanya itu merupakan representasi dari bentuk kecintaan umat pada sosok teladan Rasulullah SAW. Lebih dari itu, esensi terpenting dari spirit peringatan maulid Nabi adalah semangat mencontoh pribadi Rasulullah.

SMP Negeri 2 Cilacap menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H dengan mengusung tema “Kita tingkatkan iman dan taqwa untuk membentuk pribadi akhlakul karimah”, di serambi Mushola, pada Kamis (13/10/2022). Dengan narasumber Bapak KH. Muslihun Azhari.

Sebagaimana kita ketahui bersama, kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan secercah cahaya bagi masa jahiliyah, di masa itu kehadirannya membawa begitu banyak pembaharuan paradigma dan budaya. Tidak hanya berhenti di daratan arab pada zaman itu saja, namun berkah dan rahmat yang dibawa oleh Rasulullah masih dapat kita dan seluruh Dunia rasakan manfaatnya hingga hari ini.

“Oleh karena itu, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya, merupakan sebuah kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri bagi umat islam, karena kehadiran Rasulullah di muka bumi, dapat di ibaratkan sebagai cahaya yang menerangi kehidupan manusia, termasuk kita sekalian, dalam menempuh jalan spiritual yang benar untuk menggapai Ridha Allah SWT”, ujar Bapak KH. Muslihun Azhari.

Lebih lanjut Beliau mengatakan, Teladan atas sikap Rasulullah hendaknya dapat kita wujudkan, dengan senantiasa mengembangkan sikap saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan, serta bertoleransi dengan saudara kita yang beragama lain sebagai perwujudan Hablumminannas. Selain itu, hendaknya kita mampu menumbuh kembangkan sensitivitas, kepedulian, dan komitmen untuk merawat lingkungan sekitar dengan sebaik baiknya, sebagai manifestasi dari Hablumminal alam”, ucapnya.

Mengakhiri bimbingan dan arahanya Bapak KH. Muslihun Azhari mengatakan, Akhirnya, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini, mari kita berdo’a kepada Allah SWT, agar senantiasa diberi petunjuk dan kekuatan kepada kita semua.

“Marilah kita laksanakan amar ma’ruf nahi munkar, serta mengatasi berbagai persoalan di kabupaten kita tercinta dengan lebih arif, bijaksana, siddiq, amanah, tabligh dan fatanah sebagaimana sifat nabi Muhammad SAW junjungan kita”, Pungkas Beliau.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.