CILACAP_30 MARET 2022. Peningkatan kapasitas dan kesejahteraan pendidik menjadi salah satu perhatian utama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam kebijakan Merdeka Belajar. Guru profesional berperan penting dalam proses transfer pengetahuan, baik dalam hal kompetensi maupun karakter peserta didik.“Guru profesional dengan kompetensi unggul menjadi kunci terlaksananya pendidikan berkualitas. Ketersediaan dan penjaminan kesejahteraan guru profesional merupakan tugas pemerintah,” disampaikan Mendikbudristek saat memberikan sambutan secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2021

Untuk mengatasi kekurangan guru, pemerintah membuka perekrutan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diselenggarakan pada tahun 2021. Seleksi Guru PPPK ini diselenggarakan bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta pemerintah daerah.Seleksi guru PPPK diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 28 Tahun 2021. Dukungan alokasi gaji guru PPPK telah dipastikan Kementerian Keuangan melalui dana alokasi umum (DAU). Kemudian, Kemendagri memastikan anggaran gaji bagi guru PPPK yang terpilih dialokasikan oleh pemerintah daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selanjutnya, proses pengusulan formasi disampaikan oleh masing-masing pemerintah daerah. Adapun seleksi ASN dilaksanakan oleh BKN.

SMP Negeri 2 Cilacap, Rabu 30 Maret 2022 mengikuti Penerimaan SK PPPK yang dilakukan secara virtual dari Pendopo Kabupaten Wijayakusuma Cilacap. Dari 5 Kuota yang dibutuhkan terisi 3 kuota yang terdiri dari 2 orang guru dari dalam sekolah yaitu dengan formasi guru mata pelajaran PJOK dan PPKN serta 1 orang guru dari luar sekolah dengan formasi guru mata pelajaran Prakarya.

Pelantikan diikuti dari Aula SMP Negeri 2 Cilacap yang diikuti oleh Ibu Nabilla Ariessa, S.Pd guru mata pelajaran PKN, Ibu Elisabeth Aruma Diah E, S.Pd guru mata pelajaran PJOK dan Bapak Teguh Susono, S.M guru mata pelajaran Prakarya dengan didampingi oleh Kepala SMP Negeri 2 Cilacap, Bapak Marjoko S.Pd., M.Pd. Rangkaian acara secara sederhana tanpa mengurangi inti acara.

Semoga dengan ini bapak/ibu guru menjadi lebih bersemangat dalam mendidik para siswa.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.