MANAJEMEN INFORMASI “DIGITAL LIBRARY”
widodo
MANAJEMEN INFORMASI “DIGITAL LIBRARY”
widodo
I PENGERTIAN
Sebuah sistem yang memiliki obyek informasi dan layanan akses melalui perangkat digital. Obyek informasi merupakan koleksi informasi yang berupa dokumen, gambar, multimedia dalam format digital.
II PROSES PENGOLAHAN INFORMASI
Figur 1
Figur 2
Figur 3
III IndonesiaDLN (IDLN)
IndonesiaDLN adalah sebuah jaringan perpustakaan digital di Indonesia yang memiliki misi untuk mengelola ilmu pengetahuan bangsa Indonesia dengan cara yang mudah, murah, dan bisa diikuti oleh siapapun. Juga untuk membudayakan tradisi ‘berbagi ilmu pengetahuan’ atau knowledge sharing menuju terciptanya masyarakat madani berbasis ilmu pengetahuan.
IV GANESHA DIGITAL LIBRARY
GDL adalah salah satu software digital library berbasis web, yang sudah mengikuti standard tersebut. Server sentral IndonesiaDLN dan GDL-Network menggunakan software ini. GDL dikembangkan oleh KMRG ITB, dengan dukungan dana dari IDRC Canada dan YLTI Indonesia.
GDL didistribusikan sebagai Free-Software. Namun, ada syarat bagi individu atau institusi yang ingin mendapatkannya sebagai Free-Software, yaitu: Bersedia untuk berbagi sebagian atau seluruh ilmu pengetahuan yang dikelola menggunakan GDL kepada bangsa Indonesia melalui IndonesiaDLN.
Centralized Knowledge Distribution
Untuk menjadikan informasi lebih dekat ke pemakai, Server GDL Partner dapat memanfaatkan Server GDL Pusat guna menyebarkan metadata ke seluruh Server DL Partner di dalam IndonesiaDLN.
Online Member Registration
Pendaftaran pemakai dilakukan secara online dari web.
Roaming Membership
Pemakai dengan sekali mendaftar di server GDL online manapun, dapat menggunakan accountnya di seluruh server GDL online.
V KARAKTERISTIK IDLN
5.1 Distributed Knowledge Management
Pengelolaan ilmu pengetahuan dilakukan secara terdistribusi, oleh partner di server DL masing-masing.
5.2 Knowledge Organization
Anggota, editor, dan knowledge officer dapat mengatur penempatan artikel yang sudah diupload ke kategori-kategori yang tepat sesuai dengan haknya masing-masing.
5.3 News
Editor dan knowledge officer dapat mengupload berita-berita hangat untuk ditampilkan dalam News GDL dengan mudah.
5.4 Synchronization
Server GDL Partner dapat meng-upload serta mendownload file dan metadata ke/dari Server GDL Pusat melalui fasilitas sinkronisasi. Informasi keanggotaan dan publisher juga dapat sinkronisasi.
5.5 Member and Group Administration
Administrator dapat mengelola data anggota, membuat group, dan mengatur hak akses editor.
5.6 Statistics
Administrator dapat melihat statistik isi knowledgebase dan kontributornya.
5.7 Advertisement
Administrator dapat menampilkan banner iklan yang dilengkapi dengan fasilitas pencocokan keyword dan subject.
5.8 Search
IDLN mendukung pencarian informasi secara cepat atau detail ke seluruh metadata yang dikelola.
5.9 Category-Based Organization
Pengorganisasian koleksi dilakukan dengan membuat kategori dan sub-kategori. Ini memudahkan penelusuran melalui browsing.
5.10 Upload Metadata and Files
Setiap anggota dapat mempublikasikan koleksi digitalnya dengan mengisi Form Metadata dan mengupload file dengan mudah.
5.11 Personal Directory
Setiap anggota otomatis memiliki direktori pribadi yang bebas dikelola.
5.12 Review Forum
Setiap artikel yang diupload dapat diset apakah minta di-review oleh pengunjung atau tidak.
5.13 Access Restriction
Artikel yang diupload dapat diatur apakah hanya bisa diakses oleh Intranet (group tertentu) atau terbuka bagi Internet.
5.14 Image Thumbnail
File gambar (jpg dan png) dapat ditampilkan dengan ukuran kecil (thumbnail) pada halaman abstrak.
———————–
REFERENSI
- ————- Ganesha digital library : connecting people’s knowledgehttp://digilib.itb.ac.id/
- Membangun perpustakaan digital. Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokakarya “Membangun Perpustakaan Digital (Digital Library)” di UPT Perpustakaan UNS, tanggal 5 April 2003.