Cilacap, 4 Juli 2022. Perangkat ajar kurikulum merdeka memiliki sistematika penulisan berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Komponen dalam perangkat ajar ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya. Sebagaimana diketahui, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler beragam di mana konten akan lebih optimal. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam Kurikulum Merdeka ini, guru akan memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Bapak Marjoko, S.Pd., M.Pd bersama dengan Bapak Haryadi, S.Pd., M.MPd

Mengingat pentingnya hal tersebut, Bapak Marjoko, S.Pd., M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 2 Cilacap menginisiasi untuk mengadakan Workshop Penyususan Dokumen Kurikulum dan Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka dengan Narasumber Bapak Haryadi, S.Pd., M.MPd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap yang bertempat di aula SMP Negeri 2 Cilacap.

Bapak Haryadi, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwasanya adapun perangkat ajar Kurikulum Merdeka bisa meliputi berbagai komponen, di antaranya:

  1. Buku teks pelajaran, Buku teks pelajaran adalah jenis perangkat ajar dalam bentuk buku pelajaran pada bidang mata pelajaran tertentu. Selama ini, buku teks pelajaran terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping.
  2. Modul Ajar, Modul ajar adalah perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang digunakan pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul Ajar dibuat sebagai penjabaran lebih rinci dari alur tujuan pembelajaran.
  3. Modul projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, Modul projek merupkan perangkat ajar yang dikembangkan untuk memandu warga sekolah melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Adapun modul projek ini menggambarkan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project based learning).
  4. Contoh kurikulum operasional satuan pendidikan
  5. Video pembelajaran

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh bapak/guru SMP Negeri 2 Cilacap selama 4 hari dengan waktu 32 JP. Diharapkan dengan mengikuti workshop ini bapak/ibu guru bisa guru mengembangkan bahan ajar, yakni antaranya ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar.

Selamat belajar dan Merdeka Belajar..!!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.